Wednesday, July 10, 2013

SALAM 1 RAMADHAN : JOM TINGKATKAN GANJARAN PAHALA

Assalammualaikum...

Hari ini seluruh umat Islam sedunia menyambut kedatangan 1 Ramadhan dengan penuh rasa kesyukuran dan kegembiraan. Apa tidaknya, bulan yang sering dinantikan saban tahun untuk mengutip segala kenikmatan yang Allah janjikan.

Ramadhan adalah waktunya kita melatih diri untuk berlapar dan mengerti pengertian anak-anak kita yang sedang bertempur di medan peperangan yang tidak pernah mereka minta dan gambarkan.

Cukup...aku tidak mahu memakruhkan puasaku dengan tangisan mengenangkan anak-anakku di Palestin, Syria, Afghanistan, Mesir dan seantero dunia. Anak-anakku di bumi Malaysia juga masih ramai yang berlapar dan tidak terbela nasibnya.

Apakan daya, aku hanya manusia biasa yang mampu memohon doa sepanjang hayat dan membantu sekadar termampu. 

Baiklah, mari kita perhalusi amalan-amalan sunat yang memberikan ganjaran hebat buat kita sepanjang Ramadhan ini.

1. Mengkhatamkan Al-Qur’an

Bulan Ramadhan adalah bulan kitab agung AL-QURAN. Pada bulan inilah Al-Qur’an pertama kali diturunkan dari lauhul mahfuz ke langit dunia dam Allah berfirman:

Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)(al baqarah: 185)

2. Solat Tarawikh
Rasulullah saw. bersabda: 
“Barang siapa yang menghidupkan malam bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”
Sebuah riwayat mengatakan bahwa Nabi Saw. pernah shalat 11 rakaat, terkadang 13 rakaat atau kurang dari itu. Ketika ditanya tentang shalat malam beliau bersabda: 
“Dua rakaat dua rakaat, jika seseorang diantara kalian khawatir masuk waktu subuh hendaklah shalat satu rakaat witir.”

3. Memperbanyakkan doa
Orang yang berpuasa ketika berbuka adalah salah satu orang yang doanya mustajab. Oleh itu, perbanyakkanlah berdoa ketika berpuasa lebih-lebih lagi ketika berbuka. Berdoalah untuk kebaikan keluarga, diri sendiri, bangsa, dan saudara-saudara kita sesama muslim di seluruh dunia.

4. Bersedekah ketika berbuka (ifthar)

Kita hendaklah berusaha untuk sentiasa bersedekah terutamanya ketika iftar biarpun hanya dengan sebutir kurma dan seteguk air sebagaimana sabda Rasulullah saw:
"Barang siapa yang memberi ifthar (untuk berbuka) orang-orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun”. (Bukhari Muslim)

5. Bersedekah
Rasulullah Saw. bersabda: 
"Sebaik-baik sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan” (HR. Tirmizi).
Dan pada akhir bulan Ramadhan Allah mewajibkan kepada setiap muslim untuk mengeluarkan zakat fitrah sebagai penyempurna puasa yang dilakukannya.

6. I’tikaf

I’tikaf adalah berdiam diri di masjid untuk beribadah kepada Allah. I’tikaf disunahkan bagi laki-laki dan perempuan karena Rasulullah saw selalu beri’tikaf terutama pada sepuluh malam terakhir dan para istrinya juga turtu ber-I’tikaf . 

7. Mengerjakan Umrah
Ramadhan adalah waktu terbaik untuk mengerjakan umrah, karena pahala umrah di bulan Ramadhan sama seperti menunaikan Haji malahan ia seperti menunaikan Haji bersama-sama Rasulullah saw. Beliau bersabda: 
“Umrah pada bulan Ramadhan seperti haji bersamaku.”

8. Memperbanyak berbuat kebaikan
Bulan Ramadhan adalah peluang emas bagi setiap umat untuk menambah pahalanya di sisi Allah. Dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu Khuzaimah dan Baihaqi dikatakan bahwa amalan sunnah pada bulan Ramadhan bernilai seperti amalan wajib dan amalan wajib itu seperti bernilai 70kali ganda amalan wajib di luar Ramadhan.Setiap peluang berbuat kebaikan biarpun hanya memberikan senyum di wajah insan lain. Sentiasalah memberikan kegirangan di hati umat kerana ia merupakan pahala yang paling mudah dilakukan dan ganjarannya besar.

Semoga kita termasuk orang-orang yang bisa memanfaatkan momentum Ramadhan untuk merealisasikan ketakwaan diri kita dan bisa meraih predikat “bebas dari neraka.”



No comments: